Ide Taman Minimalis Sekaligus Tempat Bermain Anak

Spread the love

Taman minimalis saat ini banyak diletakkan menjadi pelengkap rumah dengan desain minimalis. Namun ide untuk membuat taman tipe minimalis kini lebih bervariasi salah satunya untuk membuat taman konsep minimalis yang lengkap dengan taman bermain untuk anak. Meski bukanlah kebutuhan utama namun kebutuhan akan adanya tempat bermain anak menjadi kebutuhan yang cukup urgent dalam rumah yang memiliki penghuni anak-anak.

Taman yang lengkap memiliki tempat bermain khusus untuk anak akan menjadi satu tempat yang nyaman untuk anak-anak. Selain bisa berfungsi untuk menjadi tempat melatih keterampilan motorik mereka, sekaligus tempat untuk mengasah berbagai keahlian anak dari berbagai segi. Lalu bagaimana cara menghadirkan tempat bermain di taman minimalis dengan lahan terbatas?

Tips Membuat Taman Minimalis Dengan Tempat Bermain Anak

Tahukah Anda bagaimana taman bermain yang nyaman dan aman untuk anak-anak? Ketimbang berpikir dengan konsep yang ada di dalam pikiran Anda, akan lebih baik jika Anda mencari inspirasi dari berbagai sumber yang ada di internet. Diantaranya ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat tempat bermain sekaligus taman minimalis yang cantik.

  • Siapkan pojok khusus

Tentukan akan terletak di sebelah mana taman dan tempat bermain anak di rumah Anda. Biasanya taman dan tempat bermain diletakkan di depan atau di belakang rumah. Namun ada juga yang meletakkannya di bagian tengah rumah dengan konsep semi terbuka. Berikan pojok khusus untuk tempat bermain anak di taman minimalis yang Anda buat. Sehingga mereka tahu dimana mereka bisa bermain dengan nyaman.

  • Taman semi tertutup

Meski tempat bermain untuk anak berada di taman bukan berarti Anda tak bisa membuatnya secara tertutup. Buatlah model taman yang semi tertutup agar supaya anak masih bisa menghirup udara luar rumah, mendapatkan sinar matahari di pagi hari serta Anda bisa menjaganya tanpa harus terlihat lalu lalang orang banyak.

  • Rumput sintetis

Untuk alas di taman biasanya paling baik adalah dengan menggunakan alas rumput. Selain bisa membuat suasana taman menjadi lebih segar juga membuat anak-anak lebih nyaman berada di taman meski tanpa memakai alas kaki. Jika Anda kesulitan mendapatkan rumput asli atau kesulitan dalam perawatannya maka Anda bisa menggunakan rumput sintetis untuk alas di dalam taman dan tempat bermain di rumah Anda.

  • Gunakan tanaman yang aman untuk anak

Tahukah Anda bahwa dengan menggabungkan taman dengan tempat bermain juga memiliki manfaat lainnya. Hal itu akan membuat anak-anak lebih dekat dan mencintai alam semesta. Maka untuk kenyamanan dan keamanan anak-anak sebaiknya gunakan tanaman yang aman untuk didekati anak-anak. Hindari penggunaan tanaman yang berduri atau bisa menyebabkan alergi pada anak.

  • Tempatkan tenda atau alat bermain

Lengkapi tempat bermain anak dengan tenda bermain dan aneka alat bermain seperti seluncuran atau ayunan. Anda juga bisa melirik beberapa produk play ground yang bisa mengasah motorik anak dengan baik. Tempat ini juga akan menjadi tempat berkumpul bersama keluarga atau menerima tamu yang membawa serta anak-anak mereka untuk berkunjung ke rumah Anda.

Kelebihan Memiliki Taman Minimalis Dengan Tempat Bermain Anak

Taman minimalis adalah sebuah taman yang dibangun di atas lahan terbatas namun mengutamakan segi manfaat dan multifungsi untuk penghuninya. Untuk itulah penempatan tempat bermain di taman menjadi konsep tak terpisahkan yang efektif untuk sebuah rumah. Apa manfaat yang bisa didapatkan? Ada banyak sekali manfaat yang bisa Kita dapatkan. Diantaranya adalah Kita bisa memiliki ruang hijau sendiri di rumah Kita. Artinya ada area pernafasan yang sehat di rumah minimalis yang Kita huni.

Kemudian manfaat yang kedua adalah dimana anak menjadi lebih betah di rumah karena memiliki tempat bermain yang asyik dan nyaman untuk mereka bereksplorasi. Kemudian meski mereka bermain di dalam rumah namun tetap sehat karena menghirup udara luar yang segar serta tetap terkena sinar matahari. Terakhir adalah anak bisa meningkatkan daya kreativitas serta menghindarkan anak dari terjadinya stres. Karena perlu Kita ketahui kebutuhan bermain untuk anak bukan hanya penting untuk pertumbuhan fisiknya saja. Namun juga untuk perkembangan emosi dan spiritualnya agar bisa tersalurkan dengan baik. Demikian sekilas info tentang ide membuat taman minimalis dengan tempat bermain khusus untuk anak.